Kamis, 11 Februari 2010

GUE MENCARI TUHAN??


GUE MENCARI TUHAN???

Pencarian Tuhan ternyata tidak hanya dilakukan oleh para Nabi dan Rosul. Setidaknya itulah yang pernah saya alami 4 tahun yang lalu. Himpitan ekonomi dan kesulitan hidup yang saya alami membuat saya berontak dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada diri sendiri.

Untuk apa manusia diciptakan, jika ketika sudah dilahirkan ke bumi, harus bersusah payah seperti ini? Apakah sebaiknya, Tuhan tidak usah menciptakan manusia? Tuhan tidak usah menciptakan setan dan yang lain-lainya? Tuhan tidak usah menciptakan kebaikan dan kejahatan (menurut logika saya itu semua jauh lebih baik). Dan terakhir, apakah benar Tuhan itu ada?

Untuk pertanyaan terakhir, mudah saja saya jawab (karena saya beragama, Islam), tentu Tuhan itu ada yaitu Allah SWT.

Q. S. Al Ikhlas:

“Katakanlah: Dia-lah Allah, Yang Maha Esa.
Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.
Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan,
dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia."

Itulah penjelasan Alquran tentang Allah, Tuhan pencipta seluruh alam. Tuhan yang memang tidak ada satupun makhluk yang menyerupai-Nya. Tuhan yang tidak ber-anak apalagi di-per-anakan.

Kemudian, Tuhan itu ada. Lalu kenapa menciptakan manusia dan isinya ? termasuk setan yang suka menyesatkan manusia.

Ternyata, di dalam Alquran dijelaskan. Bahwa pertanyaan yang saya ajukan atau lebih tepatnya protes yang saya utarakan kepada Tuhan sudah terlebih dahulu diajukan/diutarakan oleh para malaikat, ketika Allah SWT akan menciptakan Adam AS. Di dalam Alquran Allah memberikan jawaban, bahwa hakikat penciptaan manusia hanya Allah sendiri yang mengetahuinya sedangkan makhluknya termasuk manusia tidak mampu mengetahuinya.

Masih belum terima dengan jawaban tersebut??  Okelah Kalo Begono, kemudian saya cari peng-analogian. Ternyata ketemu, inilah analoginya; Jika saya menciptakan sebuah meja, saya tahu bagaimana dan apa tujuan saya membuat sebuah meja. Tapi, apakah ciptaan/buatan saya tahu tujuan saya menciptakan dia????. Semua Benda yang kita buat, tidak pernah mengetahui untuk apa ia dibuat, kecuali kita (manusia) yang mengetahuinya. Begitu juga penciptaan manusia, hanya Allah SWT yang mengetahui kenapa dan untuk apa manusia diciptakan.

Semua hal yang ada di bumi ini tidak tercipta begitu saja. Semua harus dibuat/diciptakan dan selalu ada hubungan SEBAB-AKIBAT. Pernahkah anda bertanya, bagaimana mungkin anda menggunakan komputer tanpa pernah ada yang membuat/menciptakannya??? That’s impossible………




Tidak ada komentar:

Posting Komentar